Pseudoefedrin

MENGAPA OBAT INI DIRESEPKAN ?
Pseudoefedrin digunakan untuk meringankan hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek, alergi, dan infeksi saluran nafas atas (ISPA). Obat ini juga digunakan untuk meringankan gejala pada sinusitis. Pseudoefedrin akan mengurangi gejala tetapi tidak mengobati penyebab penyakit. Pseudoefedrin berada dalam kelas yang disebut obat dekongestan hidung. Obat ini bekerja dengan menyebabkan penyempitan pembuluh darah di bagian hidung, sehingga otot polos di sekitar hidung akan mengalami relaksasi.
Obat  ini juga kadang-kadang digunakan untuk mencegah sakit telinga dan penyumbatan yang disebabkan oleh perubahan tekanan selama perjalanan udara atau menyelam. obat ini kadang-kadang diresepkan untuk kegunaan lainnya; tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana aturan minum obat ini akan digunakan?


Pseudoefedrin sering berupa obat kombinasi dan dijual bebas sebagai obat bebas terbatas (logo warna biru). Tanyakan kepada dokter Anda atau apoteker untuk memilih obat yang sesuai bagi anda.  Ikuti petunjuk pada label kemasan atau pada label resep Anda hati-hati, dan meminta dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti. Ambil pseudoefedrin persis seperti yang diarahkan. Jangan mengambil lebih atau kurang dari itu atau mengambil lebih sering dari pada yang disarankan oleh dokter Anda atau langsung pada label.

Jika Anda memberikan pseudoefedrin atau produk kombinasi yang mengandung pseudoefedrin untuk anak-anak, baca label paket dengan hati-hati untuk memastikan bahwa produk yang tepat untuk anak usia itu. Jangan memberikan produk pseudoefedrin yang dibuat bagi orang dewasa kepada anak-anak.

Jika sediaan berbentuk cairan, jangan gunakan sendok rumah tangga untuk mengukur dosis Anda. Gunakan takar dari pabrik obat atau menggunakan sendok khusus untuk mengukur obat.

Jika gejala tidak membaik dalam waktu 7 hari atau jika Anda mengalami demam, berhenti minum pseudoefedrin dan hubungi dokter Anda.


Apa tindakan khusus yang harus saya ikuti?

Sebelum mengambil pseudoefedrin
  • Katakan pada dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap pseudoefedrin, setiap obat lain, atau salah  satu bahan aktif dalam produk pseudoefedrin. Periksa label obat untuk memeriksa kandungan obat.
  • Jangan mengambil pseudoefedrin jika Anda mengambil monoamina oksidase (MAO) inhibitor seperti isocarboxazid, phenelzine, selegiline, dan tranylcypromine, atau jika Anda telah berhenti mengambil satu obat tersebut dalam 2 minggu terakhir.
  • Katakan pada dokter dan apoteker apa resep dan obat nonprescription, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal Anda mengambil atau rencana untuk mengambil. Pastikan untuk menyebutkan obat untuk diet atau mengendalikan nafsu makan, asma, pilek, atau tekanan darah tinggi.
  • Memberi tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki tekanan darah tinggi, glaukoma (suatu kondisi dimana peningkatan tekanan dalam mata dan menyebabkan kebutaan), diabetes, sulit buang air kecil (karena pembesaran kelenjar prostat), atau gangguan tiroid dan penyakit jantung.
  • Katakan pada dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk menjadi hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu mengambil pseudoefedrin, hubungi dokter Anda.
  • Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter atau dokter gigi katakan bahwa anda menggunakan pseudoefedrin.
Apa instruksi khusus diet yang harus saya ikuti?

Makanan dan minuman yang mengandung banyak kafein dapat meningkatkan efek samping dari pseudoefedrin. Hindari makanan dengan kadar tiramin tinggi yang banyak terdapat dalam produk susu olahan seperti keju, butter, dan mentega karena dapat meningkatkan efek samping pseudoefedrin.

Apa yang harus saya lakukan jika saya melupakan dosis?

Ambil dosis tidak terminum segera setelah Anda mengingatnya. Namun, waktu untuk dosis berikutnya hampir tiba, lewati dosis yang tidak terjawab dan terus jadwal rutin Anda dosis. Jangan meminum dua dosis sekaligus.
Apa efek samping dapat menyebabkan obat ini?

Pseudoefedrin dapat menyebabkan efek samping. Beritahu dokter jika ada gejala yang parah dari:

    * Gelisah
    * Mual
    * Muntah
    * Kelemahan
    * Sakit kepala

Beberapa efek samping dapat serius. Jika Anda mengalami gejala berikut, segera hubungi dokter Anda:

    * Gugup
    * Pusing
    * Sulit tidur
    * Sakit perut
    * Kesulitan bernafas
    * Cepat, berdebar, atau tidak beraturan detak jantung

Pseudoefedrin dapat menyebabkan efek samping lainnya. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki masalah yang tidak biasa saat Anda mengambil obat ini.

Apa kondisi penyimpanan yang diperlukan untuk obat ini?

Simpan obat dalam wadah itu datang, tertutup rapat, dan diluar dari jangkauan anak-anak. Menyimpannya pada suhu kamar dan jauh dari tempat panas dan lembab (bukan di kamar mandi). Obat ini harus terlindung dari cahaya. Buanglah semua obat yang sudah usang atau tidak lagi diperlukan. Bicaralah dengan apoteker Anda tentang pembuangan obat Anda.

Dalam kasus darurat / overdosis

Dalam kasus overdosis, segera hubungi tempat pelayanan kesehatan terdekat

Apa informasi lain yang harus saya ketahui?

Jangan biarkan orang lain minum obat. Tanyakan apoteker Anda setiap pertanyaan yang Anda miliki tentang mengisi resep Anda.

Penting bagi Anda untuk menyimpan daftar tertulis dari semua resep dan obat bebas yang anda konsumsi, serta produk-produk seperti vitamin, mineral, atau suplemen makanan lainnya. Anda harus membawa daftar ini dengan Anda setiap kali Anda mengunjungi dokter atau jika Anda dirawat di rumah sakit. Hal ini juga informasi penting untuk kondisi darurat.

 Sumber : AHFS Drug Information Centre

0 comments:

Post a Comment