Kista Ganglion


Ganglion
Kista ganglion adalah benjolan yang sering muncul di sekitar sendi dan tendon di tangan dan kaki . Kista ini terbentuk dari kapsul sendi atau selubung tendon. Ukurannya dapat bervariasi. Paling sering muncul pada pergelangan tangan (80%) dan sendi jari.

Penyebab ganglion tidak diketahui, namun ganglion dapat terjadi karena sobekan kecil di ligamen yang melewati selubung tendon atau kapsul sendi baik karena cedera, proses degeneratif atau abnormalitas kecil yang tidak dikenal sebelumnya.


Pada  prosesnya dapat menyebabkan kebocoran cairan kental pada benjolan. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Kista ini dapat tumbuh atau menyusut dari waktu ke waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang-kadang bisa terangsang jika teriritasi. Konsistensi dapat lunak keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan diisi kista yang kadang-kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang.

Secara umum, ganglion kista tidak menimbulkan keluhan. Tidak ada gangguan rasa sakit atau gerakan. Keluhan umum adalah masalah penampilan. Penanganan ganglion dapat dilakukan dengan aspirasi isi ganglion dengan jarum atau menghilangkan kista dengan proses operasi .

Eksisi (proses operasi) kista ini biasanya merupakan prosedur minor, tapi dapat rumit tergantung pada lokasi kista dan apakah kista tersebut melekat pada struktur lain seperti pembuluh darah, saraf atau tendon. Setelah pengangkatan, kista dapat tumbuh kembali dengan tingkat kekambuhan 5-15% .

0 comments:

Post a Comment