Masalah Kehamilan

Masalah Kehamilan - Seluruh stadium kehamilan bukan hanya membawa perubahan fisik bagi seorang calon ibu tapi juga sejumlah masalah kesehatan, berikut ini adalah beberapa masalah yang banyak dijumpai selama masa kehamilan.

Morning Sickness
Morning Sickness sebenarnya dapat terjadi kapan saja, tidak selalu pada pagi hari, biasanya mulai timbul di usia kehamilan empat minggu dan berlangsung sampai minggu ke 12 atau 13. Kondisi ini terutama disebabkan karena peningkatan kadan hormon-hormon selama kehamilan.

Konstipasi
Konstipasi terjadi pada wanita hamil karena kecepatan pergerakan makanan ketika melewati sistem saluran pencernaan lebih lambat. Kondisi ini disebabkan karena adanya peningkatan progesteron, yaitu hormon yang merelaksasi otot-otot intestinal sehingga lebih lambat dalam mendorong makanan.

Heartburn
Heartburn, refluks zat asam dari lambung menyebabkan timbulnya rasa panas terbakar pada dada dan belakang tenggorokan. Kondisi ini sering terjadi pada kehamilan. Ini sering terjadi karena jabang bayi yang ada di dalam menekan ke arah lambung.

Anemia.
Anemia sering terjadi dimasa kehamilan. Anemia terjadi karena konsentrasi hemoglobin dibawah nilai normal berdasarkan umur dan jenis kelamin. Obat antianemia seperti multivitamin dan mineral untuk ibu hamil dapat mengatasi keadaan ini.

Nyeri Punggung
Selama masa kehamilan, berat badan janin di dalam uterus menyebabkan perubahan pusat gravitasi pada tubuh ibu hamil. Hal ini menyebabkan nyeri punggung, dan bila dibiarkan lama kelamaan akan membentuk suatu postur tubuh yang buruk.

Hemoroid
Hemoroid ringan cenderung memburuk salama masa kehamilan. Pembengkakan vena pada hemoroid juga cenderung membentuk bekuan darah sehingga menimbulkan rasa nyeri berat dan pendarahan. Jika hemoroid mengalami perdarahan hebat, ibu hamil akan kehilangan darah dan anemia.

Insomnia
Normalnya, wanita hamil mengalami gangguan tidur pada malam hari. Kondisi ini disebabkan karena tingginya emosi dan kecemasan ibu hamil dalam menanti kelahiran bayinya. Selain itu rasa nyeri yang sering timbul di masa kehamilan juga ikut andil terjadi Insomnia ini.

Gatal
Gatal-gatal sering kali terjadi di akhir masa kehamilan, mengenai bagian tubuh mana yang terdapat garis-garis Stretch Marks pada abdomen.

Edema
Edema tungkai dan pergelanan kaki normal terjadi selama kehamilan, serta tidak memerlukan terapi khusus. Ini biasanya terjadi di usia kandungan trisemester terakhir, ini disebabkan karena jabang bayi sudah mulai menekan kearah ginjal.

Varises
Varises terjadi pada tungkai ibu hamil akibat terlalu lama berdiri.

Gejala Masalah Kehamilan

Gejala yang sering timbul pada masalah kehamilan adalah :
  • Muntah-muntah hebat.
  • Tidak bisa buang air besar selama tiga hari atau lebih.
  • Timbul rasa panas pada dada dan belakang tenggorokan.
  • Sering mengalami nyeri punggung.
  • Hemoroid mengalami perdarahan secara berlebihan.
  • Sering insomnia.
  • Gatal-gatal berat sehingga kulit mengalami luka lecet akibat sering digaruk.
  • Spotting (keluar bercak-bercak darah dari vagina).
  • Nyeri atau gatal pada vagina.
  • Lemah dan pingsan.
Atasi keputihan pada saat hamil
Anjuran :
  1. Hindari makanan yang berlemak dan sarat bumbu, jagalah atar ruangan dalam rumah dan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik.
  2. Minum banyak air dan makanan yang berserat tinggi (memudahkan buang air besar), misalnya buah-buahan, sayuran, sereal dan biji-bijian.
  3. Hindari penggunaan laksatif selama masa hamil.
  4. Kenakan sepatu bertumit rendah, sokonglah punggung dengan bantal sewaktu Anda duduk di kursi dan gunakan kasur yang cukup keras untuk mencegah nyeri punggung.
  5. Hindari makanan berat sebelum tidur, pilihlah posisi tidur yang paling nyaman dan luangkan waktu sejenak untuk beristirahat, misalnya tidur siang. Hindari penggunaan obat tidur atau obat penenang selama kehamilan, kecuali atas anjuran dokter.
  6. Naikkan kaki di atas beberapa bantal untuk membantu menghilangkan penimbunan cairan pada tungkai. Bila perlu, gunakan diuretik untuk mengatasi edema berat.
  7. Hindari posisi berdiri dalam waktu lama. Gunakan stoking elastis untuk meredakan gejala dan mencegah varises.
  8. Mengkonsumsi suplemen zat besi dan banyak makan buah dan sayuran agar ibu dan bayi memperoleh nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
Terapi
Antianemia/Vitamin Masa Hamil & Nifas
Produk ini dimaksudkan sebagai suplemen untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Beberapa diantaranya mengandung vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan untuk ibu hamil, misalnya zat besi, vitamin B kompleks, dll. Juga diberikan untuk mencegah anemia dalam kehamilan.

Enteral/Produk Nutrisi
Mengandung nutrien esensial, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang kesehatan diri dan bayi dalam kandungannya. Selain untuk mencukupi kebutuhan gizi pada ibu dan janin, juga mencegah terjadinya masalah yang tidak diinginkan dalam kehamilan.

Suplemen
Vitamin C dan E, Chamomile, Bawang putih, Acidophilus, Echinacea, Minyak pohon teh, Golden Seal.




0 comments:

Post a Comment