Manfaat Zat Kapur

Manfaat Zat Kapur - Kalsium atau zat kapur adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh. Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh, sebagian kecil kalsium terserap masuk ke dalam aliran darah.

Selain untuk tulang, zat kapur / kalsium diperlukan juga untuk urat syaraf dan otot. Bila kadar kalsium di dalam tubuh berkurang, urat saraf menjadi peka dan otot menjadi sangat kejang, sebab itu perasaan kesemutan atau kejang terasa di beberapa bagian tubuh, terutama pada otot-otot besar di tungkai. Tetapi yang jauh lebih penting ialah kalsium di dalam otot jantung. Bila kalsium di dalam aliran darah dikurangi, jantung akan lekas kehilangan tenaga, menjadi tidak teratur, bahkan mungkin berhenti sama sekali.

Manfaat kalsium/zat kapur sangat diperlukan oleh tubuh kita, untuk itu kita harus menjaga ketersediaan kalsium dalam makanan setiap harinya.

Berikut adalah Manfaat dari Zat Kapur/ Kalsium :
  • Melangsingkan Tubuh; Telah terbukti bahwa kalsium mampu melangsingkan karena memberikan efek positif pada metabolisme tubuh. Ahli gizi sangat menyarankan untuk mengkonsumsi produk susu berkalsium 3 kali sehari dan mengurangi asupan kalori untuk mendapatkan diet sempurna.
  • Mencegah Osteoporosis; Kalsium sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, terlebih bagi anak-anak dan remaja. kekurangan kalsium ditambah tidak mendapatkan asupan Vitamin D akan sangat menpengaruhi kepadatan tulang.
  • Melawan PMS; Kalsium ternyata mampuh mengatasi gejala-gejala PMS yang dapat mengganggu aktivitas para wanita. Ketika wanita tidak mendapatkan asupan kalsium dari produk susu dan vitamin D yang cukup, maka hormon yang berhubungan dengan kalsium di tubuh dapat bereaksi negatif menghadapi estrogen dan progesteron. Kondisi ini memicu gejala-gejala PMS yang dapat mengganggu aktivitas anda.
  • Kalsium Melawan Kanker; Selain pola makan sehat, ternyata menkonsumsi kalsium yang cukup pun mampu melawan kanker, khususnya kanker payudara dan ovarium, Namun jangan sampai berlebihan dalam menkonsumsi kalsium karena dapat meningkatkan resiko kanker prostat. The National Cancer Institute tidak merekomendasikan suplemen kalsium untuk mencegah kanker, namun menyarangkan asupan kalsium dalam pola diet keseharian anda.
  • Kalsium Menyehatkan Jantung; Sebanyak 99% kalsium terdapat pada tulang dan gigi anda. Sedangkan 1% lainnya berperan penting dalam fungsi tubuh, diantaranya transmisi saraf dan fungsi otot. Ketika tubuh mendapatkan asupan kalsium yang cukup maka akan berpengaruh pada kesehatan jantung karena kinerja transmisi saraf dan fungsi otot tubuh yang baik. Selain itu asupan kalsium yang cukup juga mempengaruhi kesehatan tekanan darah. Namun sebisa mungkin hindari asupan kalsium berlebihan (atau lebih dari 2000mg perhari) karena dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.
Demikian artikel singkat mengenai manfaat zat kapur/kalsium untuk tubuh.

0 comments:

Post a Comment