Rahasia Sukses Pemberian ASI Eksklusif

Rahasia sukses pemberian ASI Ekslusif sangat bergantung pada disiplin ibu dan keluarga yang ada disekitarnya sehingga pemberian ASI dapat berjalan dengan lancar. Pastikan bayi anda menyusui dengan benar agar pengeluaran ASI menjadi lancar dan terhindar dari puting lecet serta luka. Pastikan mulut bayi berbuka lebar, dagunya menempel di payudara, bibir bawah melengkung keluar dan seluruh areola (area hitam di sekeliling puting bagian bawah) tidak tampak saat bayi menyusui. Ibu dapat menyusui dengan baik jika bayi dalam posisi. Jika perlu, gunakan bantal atau penyangga.

Berikut ini cara menyusui bayi dengan benar :


  1. Topang bayi dengan salah satu lengan, jika perlu pegang payudara dengan tangan yang lain. Pastikan bayi menghadap payudara tanpa berputar.
  2. Gendong bayi dengan posisi tubuh menempel di bagian bawah lengan.
  3. Berbaringlah pada satu sisi dan si bayi berbaring dibawahnya. Posisi ini sering membantu apabila ibu mempunyai luka jahitan akibat operasi caesar.
Demikian tips sederhana mengenai cara menyusui bayi dengan benar, yang penting dari menyusui bayi adalah bagaimana cara agar bayi dapat nyusu dengan nyaman sehingga tidak membuat bayi gelisah.

Selain itu hal yang tidak kalah pentingnya dengan cara menyusui adalah bagaimana cara menyimpan dan memberikan ASI. Berikut ini tips singkat cara menyimpan dan memberikan ASI :
  1. Simpan ASI dalam wadah yang sudah disterilkan, tutup rapat-rapat.
  2. Cantumkan jam dan tanggal ASI diperah.
  3. ASI yang disimpan di lemari es dapat bertahan selama 2 minggu. Dalam freezer ASI bertahan sampai 3 bulan. Jangan simpan ASI di bagian pintu freezer karena di bagian inilah perubahan dan variasi suhu udara banyak terjadi.
  4. Sebelum diberikan pada bayi, sebaiknya ASI dihangatkan dulu dengan cara merendam tempat menimpan ASI dalam wadah berisi air hangat.
  5. Jangan dipanaskan di atas api karena zat-zat yang terkandung didalamnya justru akan mati.
  6. Berikan ASI perah dengan sendok atau pipet khusus agar si kecil tidak terbiasa mengisap dot dan sulit menyusu pada payudara ibu.

Perlu diperhatikan jika memerah ASI dengan pompa payudara (breast pump) :

  • Bersihkan tangan dan kuku sebelum memerah ASI.
  • Untuk memperlancar ASI tempelkan kain flanel hangat ke payudara anda sebelum mulai memerah.
  • Simpan botol berisi ASI di lemari es maksimal 24 jam, atau bila sedang di luar rumah, simpan di kotak pendingin dengan es batu.

Jika memerah ASI dengan tangan yang perlu diperhatikan adalah :

  • Tempelkan kain flanel hangat di payudara untuk merangsang aliran ASI.
  • Dengan empat jari di payudara bagian bawah, serta ibu jari di atas, tekanlah dengan lembut dan teratur daerah sekitar areola sampai ASI keluar dengan lancar.
  • Ulangi sampai ASI yang keluar sudah mencukupi kebutuhan si kecil.
Demikian informasi mengenai Rahasia Sukses Pemberian ASI Ekslusif, semoga artikel ini bermanfaat buat ibu mudah yang baru pertama kali menyusui bayinya.

0 comments:

Post a Comment