Sariawan Pada Bayi

Sariawan lebih sering menyerang bayi daripada orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh di atas lidah, di langit-langit, di pipi bagian dalam dan bibir. Luka itu kelihatan seperti air susu yang membeku yang melengket di selaput lidah. Gejalanya adalah demam dan kurang nafsu makan, dalam hal ini bayi tersebut tidak mau minum ASI, terkadang pasien gelisah / tidak tenang dan sering disertai menceret.

Infeksi ini kadang-kadang timbul karena penggunaan obat-obat antibiotik. Antibiotik ini akan membunuh kuman / bakteri yang menghalangi tertumbuhan jamur tersebut.

Apa Yang Harus Dilakukan :

  1. Obat yang manjur adalah antibiotik nystatin yang diolah apoteker dengan kadar 100.000 unit per cc. Satu cc (seperempat sendok teh) dari obat ini diteteskan ke dalam mulut pasien empat kali sehari. Obat itu dibiarkan di dalam mulut selama semenit sebelum ditelan.
  2. Dengan mengikuti aturan kesehatan dan memakan makanan yang cukup gizi, maka pasien akan membangun daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  3. Jika bayi tersebut masih menggunakan ASI, maka buah dada dan puting susu harus dibersihkan dengan larutan asam boric, kemudian dibersihkan dengan air matang sebelum dan sesudah menyusui bayinya.
  4. Jika bayi masih menggunakan susu botol, maka botol dan dotnya harus dibersihkan dan direbus setiap kali habis digunakan.

0 comments:

Post a Comment