Gangguan Sirkulasi Darah

Gangguan Sirkulasi Darah
Sirkulasi darah merupakan sebuah sistem yang berfungsi memasok semua kebutuhan sel/organ baik berupa oksigen, nutrisi/gizi dan hormon/enzim untuk seluruh proses metabolisme tubuh. Selain itu juga berfungsi memindahkan hasil akhir metabolisme seperti karbondioksida dan air.

Gangguan sirkulasi darah memicu munculnya berbagai penyakit degeneratif seperti Buerger's Disease dan Reynaud's Disease. Kedua penyakit ini adalah contoh dari sekian penyakit yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah. Jantung koroner, stroke, impotensi, kemandulan umumnya juga berawal dari gangguan sirkulasi darah.


Buerger's Disease adalah merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada arteri, vena dan saraf. Kaki dan lengan merupakan daerah yang lebih sering diserang oleh penyakit ini. Buerger's Disease lebih banyak menyerang orang dewasa antara 20-40 tahun, khususnya dapat mereka yang merokok. Untuk meringankan penderitaan, pijat secara lembut daerah sekitar gejala supaya peredaran darah kembali normal, hindari kondisi yang menyebabkan terhambatnya peredaran darah seperti pada suhu dingin, jangan berdiri atau duduk dalam waktu yang lama serta hindari penggunaan celana dalam atau pakaian yang ketat. Penderita sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Reynaud's Disease adalah gangguan sirkulasi darah karena hipersensitif tangan dan kaki terhadap cuaca dingin dan dapat dipicu oleh stress. Karena kurangnya pasokan darah dan oksigen, jari-jari tangan dan kaki tampak berwarna putih atau berubah kebiru-biruan menyerupai bercak. Pada tahap ini tangan dan kaki menjadi mati rasa dan panas seperti tersengat bahkan akan berkembang menjadi luka/ganggren (luka membusuk yang sulit disembuhkan). Umumnya Reynaud's Disease lebih banyak diderita oleh wanita yang berusia antara 15-45 tahun. Untuk menghindari gejala yang mungkin timbul kenakan pakaian hangat ketika berada dalam suhu dingin, lindungi tubuh, kepala, konsumsi minuman dingin dan jangan merokok karena rokok dapat mengganggu sirkulasi darah dam membuat serangan lebih sering terjadi. Tekanan emosional juga dapat memicu kembalinya gejala Reynaud's Disease.


Perubahan pola makan yang sehat sangat dianjurkan untuk penderita gangguan sirkulasi darah. Susunlah diet yang 50% terdiri dari makanan alami/segar. Hindari obesitas, makanan yang mengandung minyak atau lemak dan batasi konsumsi kafein.


Gejala :
Buerger's Disease

  • Nyeri yang hilang timbul (Nyeri saat aktifitas, berkurang saat istirahat)
  • Adanya ulkus (luka terbuka), gangren (kematian jaringan)
  • Denyut nadi pada kaki sangat lemah dan sulit terdeteksi.
  • Timbul rasa kebas dan rasa nyeri seperti terbakar.
Reynaud's Disease
  • Pada jari-jari tangan dan kaki tampak berwarna putih atau berubah kebiru-biruan menyerupai bercak.
  • Pada tahap berikutnya tangan dan kaki menjadi mati rasa dan panas seperti tersengat bahkan akan berkembang menjadi luka/ganggren.

0 comments:

Post a Comment