Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

Insomnia (Sulit Tidur)
Cara mengatasi insomnia (Sulit Tidur) - Sebagian orang sukar untuk mulai tidur, beberapa orang tak nyenyak tidur di malam hari. Hampir semua orang pernah mengalami insomnia atau kesulitan tidur, tetapi biasanya bersifat sementara. Kasus insomnia kebanyakan disebabkan oleh gangguan mental seperti depresi, ketegangan, stress, kekhawatiran dan ketidaknyamanan.

Menurut definisi di wikipedia Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu.

Kekurangan zat gizi tertentu juga dapat mempengaruhi kualitas tidur sedangkan penyakit yang dapat berakibat pada insomnia adalah diabetes, asma, gangguan jantung, migren, arthritis, penyakit ginjal dan epilepsi. Bahkan makanan juga dapat merangsang timbulnya masalah dalam tidur, makanan yang banyak mengandung zat perangsang seperti kafein, nikotin, makanan yang bernatrium (garam) tinggi.

Perhatikan kecukupan zat gizi seperti terpenuhinya kebutuhan vitamin B khususnya B12, vitamin C, protein dengan asam amino lengkap, kalsium, magnesium dan potasium.

Gejala yang ditimbulkan penyakit insomnia (Sulit tidur) adalah sulit tidur berhari-hari atau keadaan tidur yang sering terganggu / terbangun.

Pengobatan Untuk Penderita Insomnia (Sulit Tidur)

Pengobatan yang bisa anda lakukan untuk sembuh atau mengurangi kesulitan tidur (insomnia) adalah :
  1. Relaksasi : Lakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat tubuh menjadi rileks, pijat refleksi, aroma terapi dan musik klasik sangat disarankan untuk dijadikan media perantara untuk merilekskan tubuh.
  2. Atasi masalah Psikologi : Faktor psikologi sangat berperan dalam masalah ini, menurut para ahli insomnia di Amerika, 3/4 penyakit insomnia disebabkan oleh masalah psikologis. Umumnya disebabkan peristiwa traumatis. Untuk itu jangan ragu melakukan konsultasi ke ahlinya.
  3. Makanan sehat untuk pencegahan penyakit insomnia : Menu makanan yang tidak seimbang akan membuat penderita penyakit insomnia semakin sulit tidur. tubuh yang kekurangan nutrisi tidak dapat bekerja secara normal karena banyak organ tubuh yang mengalami gangguan.

 

Cara Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)

Cara mengatasi insomnia (sulit tidur) harus diatasi dengan cara alami sebelum menggunakan obat tidur. Berikut tips cara mengatasi insomnia secara alami tanpa obat tidur :
  1. Lakukan olah raga secara rutin, lakukan setiap pagi, jangan lakukan olah raga 2-3 jam sebelum tidur.
  2. Hindari makan dan minum sebelum tidur.
  3. Buat suasana kamar tidur sedemikian rupa agar nyaman untuk tidur, misalnya lampu harus redup, bantal dan kasur empuk, tidak ada suara gaduh dll.
  4. Jauhkan diri anda dari hal-hal yang dapat membuat cemas, tertekan dll, misalnya kerjaan kantor, jam dinding masalah kantor dll.
  5. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat anda tidak bisa tidur, misalnya kopi, teh, rokok dll.
  6. Sebelum tidur sebaiknya perut terisi sedikit karbohidrat, perasaan lapar disaat mau tidur membuat anda selalu terjaga.
  7. Buat jadwal tidur dan bangun anda teratur.
  8. Jika bisa, sebaiknya mandi dulu air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur.
  9. Jika ada, minumlah segelas susu hangat sebelum tidur.
  10. Jadikan tempat tidur hanya untuk tidur.

Demikian cara mengatasi insomnia (sulit tidur), semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat.

Demikian penjelasan ringkas mengenai insomnia, dengan melakukan pengobatan sedini mungkin maka insomnia tidak akan membahayakan dan dengan kesabaran berobat maka hasil akan didapatkan.

0 comments:

Post a Comment