Penyakit Parkinson Dan Tanda-Tandanya

80%-90% dari penyakit Parkinson tidak diketahui penyebabnya (idiopatik), tetapi yang pasti terjadi proses degenerasi pada ganglia basal di otak. Penyakit Parkinson yang diambil dari nama belakang penemunya (James Parkinson) merupakan penyakit syaraf degeneratif pertama ditemukan pada tahun 1817. Parkinson menyerang sekitar 1 dari 250 orang yang berumur 40 tahun keatas dan sekitar 1 dari 100 orang yang berumur diatas 65 tahun.

Tanda-tanda klinis yang sering ditemui pada penderita penyakit parkinson adalah :
  • Bradikinesia : Suatu kelemahan gerakan otot mata, wajah, anggota gerak serta badan yang lambat.
  • Rigiditas : Dimana ketegangan otot meningkat, yang pada pergerakan pasif dapat terasa secara terus menerus sepanjang pergerakan.
  • Tremor : Gemetar, kontraksi-kontraksi yang berirama dari otot-otot antagonis yang berulang secara cepat.
  • Kelainan bentuk tubuh : tanda-tanda pada penderita parkinson lainnya adalah bentuk tubuh yang berubah dari hari kehari (postur tubuh abnormal) dan ketidakseimbangan badan.
Penyakit ini biasanya dimulai pada usia 60 tahun. Pada penyakit ini ditemui kadar Dopamin yang rendah dan Asetilkolin yang relatif tinggi. penyebab penyakit parkinson lainnya :
  • Parkinson Pasca-Ensefalitis
  • Parkinson Iatrogenik, oleh karena obat-obatan seperti Major tranquilezer.
  • Arteriosklerotik Parkinson.
Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit parkinson adalah melalui dua cara :
  1. Mengurangi kerja kolinergik melalui obat-obat anti kolinergik.
  2. Meningkatkan kerja dopamin melalui : Penggantian langsung dengan levodova, perangsangan langsung pada reseptor dopamin dengan dopamin agonis, perangsangan pelepasan dopamin.
Kesemuanya ini adalah pengobatan simptomatik.

0 comments:

Post a Comment