Tulang-Tulang Dan Fungsinya

Kerangka tubuh sungguh merupakan suatu hasil seni bangunan yang sangat indah. Kerangka itu terdiri dari lebih 200 tulang, dan banyaknya berbeda-beda menurut umur. Selama usia kita muda kita mempunyai beberapa tulang tambahan di tulang punggung bagian bawah. Sementara kita bertambah tua tulang-tulang ini bergabung bersama-sama membentuk tulang kelangkang atau dasar tulang belakang.

Semua tulang kita penting, karena tulang itu bukan saja menyediakan kekuatan dan kestabilan, tetapi juga melindungi organ-organ tubuh kita. Pada saat yang sama, disediakannya juga simpanan mineral yang banyak sekali, yang selalu diambil untuk memenuhi keperluan tubuh. Setiap tulang tampaknya dibentuk oleh alam untuk tugas khusus yang harus dilakukannya, mulai sebagai suatu susunan yang amat kecil pada masa kanak-kanak dan tumbuh dengan tubuh sampai kita mencapai kedewasaan yang sempurna.

Tulang-tulang kita didirikan dalam cara yang luar biasa yang dapat diandaikan dengan bangunan baja dan beton modern. Konstruksi utama tulang itu terdiri dari suatu jenis beton protein yang diisi dan dikelilingi dengan suatu campuran mineral yang serba rumit. Ini umumnya terdiri dari calcium dan fosfor, suatu tempat simpanan yang sesungguhnya untuk bahan mineral, yang bukan saja memberikan kekuatan pada tulang-tulang, tetapi juga menjaga agar jantung tetap berdenyut dan susunan urat saraf berfungsi dengan benar. Sebagai contoh, jika kadar calcium di dalam darah harus diubah karena suatu hal, keseimbangan yang baik sekali ini akan terganggu dan mungkin membawa kepada suatu penyakit yang serius.

Tulang-Tulang Diciptakan Tuhan Dengan Indahnya

Tulang-tulang pada lengan dan tungkai kita diciptakan dengan indahnya guna melakukan pekerjaan yang harus dikerjakannya. Bagian tengah atau tangkai tulang bergeronggang dan pas benar panjang dan tebalnya, sehingga memungkinkan untuk menanggung jauh lebih banyak berat daripada yang dapat diangkat oleh seseorang. Sebuah tulang yang bergeronggang sebenarnya lebih kuat dan lebih ringan daripada sesuatu tulang yang kimpal atau padat. Prinsip ilmu teknik yang agung ini sering digunakan dalam pembangunan jembatan dan dalam mendirikan bangunan yang besar. Tetapi alam tidak memboroskan ruang yang berharga ini. Ruang-ruang yang kosong di dalam tulang ini diisi dengan zat yang halus yang disebut sumsum tulang. Disinilah sel-sel darah merah dan sebagian besar sel darah putih dihasilkan.

tulang yang terbesar didalam tubuh adalah tulang paha, yang terentang dari panggul ke lutut. Yang kedua terbesar adalah tulang betis yang terentang ke bawah dari lutut ke kaki. Kedua tulang ini diciptakan sesempurnanya untuk menanggung beban berat tubuh keseluruhan, membuat kita untuk berjalan, berlari, dan melompat dengan mudah sekali. Ciptaan yang luar biasa seperti itu terdapat pada semua tulang lain disegenap tubuh, termasuk ketiga tulang kecil-kecil di dalam telinga yang menolong kita untuk mendengar segala bunyi dengan jelas. Dengan demikian setiap tulang desesuaikan benar untuk fungsinya masing-masing.

Jenis-Jenis Tulang

Tulang-tulang di dalam tengkorak berbentuk pipih dan agak melengkung. Setiap tulang dihubungkan dengan tulang-tulang disekelilingnya, dengan demikian membentuk suatu bulatan yang sempurna untuk melindungi otak. Alangkah ajaibnya bahwa setiap tulang tengkorak ini tumbuh sama ukuran dan cepatnya sehingga kepala selamanya memelihara bentuknya dari masa kanak-kanak sampai akhir hidup kita. Meskipun demikian, tulang-tulang itu berisi rongga untuk sumsum guna menghasilkan sel-sel darah merah.

Rusuk itu panjang, lengkung dan pipih. Tetapi bebeda dengan tulang tengkorak, rusuk itu sangat lemah dan lentur, dan memberi peluang bagi kita untuk bernapas dengan mudahnya pada setiap saat. Rusuk itu menyediakan kestabilan pada dada dan menolong melindungi paru-paru dan jantung. Rusuk itu mengandung juga sumsum dan turut menghasilkan sel-sel darah merah.

Tulang belakang sangat berbeda bentuk dan fungsinya. Tulang belakang ini atau vertebrae berbentuk seperti silinder-silinder yang pendek dan dan gemuk. Ruas-ruas tulang belakang itu sangat liat dan masing-masing tersambung erat dengan tulang yang diatasnya dan dibawahnya. Setiap ruas tulang belakang hanya bergerak pada jarak yang dekat setiap kali bergerak. Akan tetapi karena kita memiliki 34 tulang ini, kita dapat menggerakkan punggung ke banyak arah yang berbeda-beda, seperti ke muka, ke belakang, dan kesamping kanan dan kiri. Kita dapat juga memutarkan kepala, leher dan badan tanpa adanya kesulitan.

0 comments:

Post a Comment