Pengobatan Keputihan Yang Gatal

Pengobatan keputihan yang gatal harus segera dilakukan, minimal lakukan dulu tindakan yang dapat mengurangi gatalnya. Tapi sebelum membahas cara mengobati keputihan yang gatal, sebaiknya kenali dulu apa itu keputihan.

Menurut dr. Sugi Suhandi yang dikutip dari sebuah situs online kesehatan, keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan keluar dari vagina. Menurut dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan ini, keputihan dapat dibagi 2 yaitu keputihan yang bersifat fisiologis (dalam keadaan normal) namun bisa juga bersifat patologis (karena penyakit). Keputihan tidak mengenal usia. Berapapun usia seseorang bisa terkena keputihan.

Wanita saat mengeluarkan cairan yang berlebihan dari vaginanya cenderung akan mengalami masalah seperti gatal disekitar vagina dan perih disekitar perut. Hal ini akan berkembang dan ditandai dengan perubahan warna cairan yang keluar. Biasanya warna cairan sudah mulai berubah seperti susu atau hijau kekuning-kuningan dan beberapa kasus cairan sudah bercampur darah. Jika hal ini terjadi maka keputihan tersebut sudah menjadi penyakit dan biasa disebut keputihan patologis.

Yang perlu diperhatikan saat mengalami keputihan adalah kebersihan dari daerah vagina dan jika keputihan terus berkembang pesat dan mengganggu aktifitas maka sebaiknya kunjungi dokter keluarga anda karena keputihan ada yang disebabkan oleh penyakit keganasan.

Yang harus anda fokuskan saat mengalami keputihan adalah :
  • Cara membilas vagina yang benar setelah buang air besar (BAB) atau sehabis buang air kecil. Sebaiknya membilas vagina dari depan ke belakang mengarah ke anus.
  • Keputihan normal (fisiologis) ciri-cirinya : lendirnya seperti lendir bening, tidak gatal dan tidak berbau.
  • Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening lagi tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya.

Jenis Keputihan yang Tidak Normal

Jenis keputihan yang tidak normal banyak macamnya tapi pada umumnya penyebabnya adalah infeksi bakteri atau jamur. Keadaan ini bisa menjadi indikasi awal dari berbagai penyakit yang berbahaya seperti kanker serviks, sehingga keputihan tidak bisa diabaikan saja. Berikut ini beberapa penjelasan  jenis-jenis keputihan yang tidak normal.

Keputihan dengan lendir yang berwarna coklat atau terdapat darah dalam lendir

Jika anda mengalami jenis kuputihan seperti ini, maka anda perlu waspada karena bisa jadi hal ini merupakan indikasi dari penyakit kanker serviks, tapi anda juga jangan langsung panik karena sering juga siklus haid yang tidak lancar bisa menyebabkan hal ini. Untuk itu silahkan kunjungi dokter kenalan anda jika hal ini terjadi pada anda.

Keputihan disertai rasa nyeri atau pendarahan

Rasa nyeri pada tulang panggul atau saat buang air kecil serta mengalami pendarahan diluar siklus menstruasi atau setelah berhubungan intim yang menyertai keputihan, dapat mengindikasikan gonore atau klamidia. Jika hal ini dibiarkan tanpa ada pengobatan akan memicu penyakit infeksi serius pada organ reproduksi wanita.

Keputihan dengan lendir berwarna hijau, kuning, atau berbuih

Jenis keputihan ini biasanya disebabkan oloeh trikomoniasis yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Lendir akibat infeksi ini biasanya berjumlah banyak, berbau amis, dan disertai rasa perih saat buang air kecil. Pembengkakan dan gatal-gatal di sekitar vagina juga dialami penderita trikomoniasis. Infeksi ini juga dapat diobati dengan antibiotik.

Keputihan disertai dengan luka melepuh di sekitar genital

Keputihan jenis ini disebabkan oleh penyakit yang disebut dengan herpes genital. Penyakit ini akan menyebabkan munculnya lepuhan atau luka seperti sariawan yang terasa sakit di sekitar organ intim. Metode pengobatannya bisa dengan mengonsumsi obat anti virus. Penyakit kulit yang disebabkan oleh virus ini sangat perpotensi untuk kambuh dikemudian hari.

Keputihan dengan lendir yang berwarna merah muda

Keputihan jenis ini sering terjadi pada wanita yang habis melahirkan, ini disebabkan oleh proses peluruhan dinding rahim setelah wanita melahirkan.

Keputihan dengan lendir yang cair atau berwarna putih dengan rasa gatal

Keputihan ini disebabkan oleh infeksi jamur atau ragi. Biasanya akibat dari infeksi ini akan muncul lendir seperti susu tapi tidak berbau atau berbau tapi tidak menyengat. Gejala yang mengikuti infeksi ini adalah rasa gatal yang berlebihan dan rasa perih disekitar vagina. Jika melakukan hubungan intim bersama pasangan biasanya akan timbul rasa sakit. Keputihan ini sering dialami wanita dan tidak ditularkan melalui hubungan seks.

Keputihan dengan cairan lendir berwarna putih atau abu-abu dan berbau amis

Perubahan mikro flora pada vagina dimana jumlah bakteri yang baik berkurang akibat sifat asam di daerah vagina berubah akan memicu munculnya infeksi vaginosis bakteri. Lendir keputihan yang muncul akan berbau amis dan berwarna putih atau abu-abu, tetapi tidak disertai rasa gatal atau iritasi. Ini juga termasuk infeksi yang umum terjadi dan tidak menular melalui hubungan seks. Infeksi ini dapat ditangani dengan antibiotik.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan pada wanita bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik, berikut ini beberapa penyebab keputihan:
  • Sering menggunakan celana dalam yang terbuat dari sintesis yang dapat membuat vagina menjadi lembab dan gerah akibatnya mikro floura di daerah vagina berubah.
  • Penggunaan celana dalam yang sempit, hal ini hampir sama dengan menggunakan celana dalam sintesis
  • Menggunakan produk pembersih daerah intim yang tidak rekomended atau bahannya tidak terpercaya
  • Kurang makan buah dan sayuran yang teratur
  • Tidak membersihkan Vagina dengan baik setelah dari Toilet, akibatnya bakteri mudah berkembang biak.
Untuk mengatasi masalah keputihan seperti yang dijelaskan diatas tidaklah mudah, jika harus menggunakan produk tertentu haruslah dibawah rekomendasi pakar kesehatan.

Salah satu produk yang dapat menjadi pilihan dan telah mendapatkan rekomendasi dari pakar kesehatan Reproduksi Boyke Dian Nugraha adalah Tissue Double Majakani (TDM).

TISSUE DOUBLE MAJAKANI

Tissue Double Majakani adalah tisu herbal pertama di Indonesia yang dirancang khusus untuk organ intim wanita, mengetatkan vagina, Mengatasi KEPUTIHAN dan Cegah KANKER SERVIKS. Produk ini diproduksi oleh Boyke & Co dibawah pengawasan langsung oleh Pakar kesehatan terkenal di Indonesia Boyke Dian Nugraha.

Tisu Majakani produksi Boyke & Co ini telah memiliki ijin BPOM RI dengan no register POM CA No. 1809.1707.543, sehingga sangat aman digunakan dan mudah untuk didapatkan.

Kandungan & Manfaat Intimate Tissue Double Majakani (TDM)

Tissue Double Majakani mengandung ekstrak alami buah majakani piper betle, lactic acid serta vitamin E yang berfungsi untuk membantu :
  • Mengetatkan otot organ intim wanita
  • Memberikan rasa kesat di organ kewanitaan
  • Menstabilkan PH asam dan mengurangi cairan (basah) berlebihan
  • Membuat aroma lebih wangi disekitar organ intim
  • Membantu mengencangkan otot-otot perut dan rahim setelah melahirkan
  • Membina rahim dan membersihkan selepas bersalin dan haid
  • Mencegah keputihan\
  • Menghilangkan gatal-gatal pada organ intim
  • Mencegah jamur yang menyebabkan bau tak sedap pada vagina
  • Menjaga agar kulit sekitar organ intim tetap sehat dan terawat
  • Mencegah KANKER SERVIKS (bukan melalui hubungan intim)

Cara pemakaian Intimate Tissue Double Majakani (TDM)

Gunakan tisu majakani ini pada organ intim kewan9itaan dan selipkan (masukkan) sebagian saja lalu biarkan di dalam, diamkan sekitar 15-20 menit. Karena bidang tisu cukup lebar, bisa dibagi 2 untuk siang dan malam, sedangkan untuk membersihkan organ intim gunakan dari dalam kearah luar organ intim kewanitaan tanpa perlu dibilas kembali.

Untuk mendapatkan tisu majakani, silahkan hubungi agen yang terdekat dari anda, misalnya anda berada di Makassar silahkan hubungi agen TISU MAJAKANI MAKASSAR , apabila anda berada di Jakarta maka produk akan kami kirim dari agen bandung. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi no.hp:082347284001.

1 comments:

  1. Gatal pada tubuh sebenarnya kesalahan kita sendiri. Kuman, gatal-gatal pada kulit, karena kitanya yang malas merawat kulit tubuh. Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete