Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar

Cara mengatasi susah buang air besar pada orang dewasa tidaklah mudah karena sangat berhubungan dengan masalah kebiasaan sehari-hari. Makanan dan kebiasaan yang rutin dilakukan sangat mempengaruhi kualitas buang air setiap orang.

Susah buang air besar atau yang biasa dikenal dengan sembelit merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Kejadian ini biasa hanya disebabkan oleh masalah kecil saja hingga sebahagian besar orang tidak memperdulikan masalah susah buang air besar ini, tapi ketika sudah di vonis menderita penyakit parah seperti kanker usus maka pasien pun bertanya kok bisa padahal dia merasa menjalani hidup sehat.

Untuk itu perlu kiranya memahami apa penyebab dari masalah Susah Buang Air Besar ini (Konstipasi/ Sembelit). Konstipasi atau sembelit adalah gangguan pada saluran cerna bawah sehingga menimbulkan kesulitan dalam melakukan BAB. Sering kali Konstipasi dapat sembuh dengan sendirinya tanpa diobati, tapi konstipasi juga bisa merupakan sebuah tanda dari penyakit tertentu yang berakibat fatal.

Berikut ini beberapa penyebab yang paling sering terjadinya Susah Buang Air Besar :

  1. Kebiasaan menahan keinginan buang air besar, akibatnya kandungan air pada fases menjadi berkurang dan berakibat pada gangguan pergerakan saluran cerna bawah.
  2. Kebiasaan makan makanan yang tidak mengandung serat, hal ini sangat sulit untuk diubah karena merupakan kebiasaan
  3. Jumlah air yang dikonsumsi perhari sangat kurang sehingga menimbulkan dehidrasi dan Fases menjadi keras untuk dikeluarkan, keadaan ini bisa menyebabkan terjadinya Wasir.
  4. Stress dengan keadaan yang terjadi, hal ini akan memicu masalah gangguan pergerakan usus di saluran pencernaan.
  5. Kurang melakukan gerakan atau jarang olahraga, hal ini akan memicu pada masalah gangguan metabolisme sehingga apa yang masuk kedalam pencernaan tidak terabsorsi dengan baik.
  6. Sering mengkonsumsi obat-obatan yang dapat memicu gangguan pencernaan, salah satu contohnya: Obat maag yang mengandung aluminium atau kalsium, obat anti nyeri, obat anti depresan yang memberi efek kolinergik, penggunaan obat pencahar secara berlebihan, penggunaan narkoba utamanya jenis morfin dan turunannya.
  7. Efek samping dari penggunaan terapi radiasi atau operasi yang dilakukan pada daerah anus (rectum) yang mengenai saraf pada area tersebut.
Diantara penyebab yang disebutkan diatas, maka kebiasaan hidup yang salah atau stres menjadi masalah yang paling sering menyebabkan konstipasi (susah buang air besar). Jika disebabkan oleh obat-obatan maka sangat disarankan untuk tidak menggunakan obat tersebut lagi jika ingin BABnya normal.

Langkah-langkah yang mendasar yang dapat dilakukan agar terhindar dari masalah Susah Buang Air Besar adalah melakukan hidup sehat dan menghindari penyebab dari konstipasi tersebut, karena tidak ada cara lain kecuali harus melakukan hidup sehat.

Berikut ini Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah Susah buang Air Besar :
  1. Minum air putih minimal 1,5 liter setiap harinya
  2. Melatih kebiasaan untuk buang air besar setiap pagi hari secara teratur, jangan sering menahan jika ingin buang air besar.
  3. Makan makanan yang berserat tinggi seperti sayur sayuran, buah-buahan, agar-agar dll.
  4. Olahraga secara teratur
  5. Istirahat yang cukup minimal 4 jam sehari-hari.
  6. Melakukan aktivitas yang dapat merilekskan anda dari tekanan pekerjaan atau masalah yang anda hadapi sehari-hari.
  7. Penggunaan obat-obatan yang berhubungan saraf sebaiknya dilakukan jika pola buang air besar sudah teratur dengan normal.
  8. Bisa penyebab dari susah buang air besar disebabkan oleh penyakit sistemik maka lakukan pemeriksaan rutin ke dokter ahli dan ikuti saran dari dokter untuk cara hidup yang sehat sesuai dengan penyakit yang dihadapi.
Salah satu produk rekomendasi dokter yang digunakan untuk membantu penderita penyakit susah buang air besar ini adalah FIFORLIF. Fiforlif adalah merupakan minuman Juice yang kaya akan serat dasn bernutrisi tinggi. Dengan perpaduan bahan-bahan yang telah digunakan sejak zaman dahulu dan dengan kualitas terbaik. Fiforlif sangat tepat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan khususnya colon (usus besar) anda melalui proses ketoksifikasi bernutrisi tinggi, kandungan Goji Berry dan vitamin premix yang ada di daslam fiforlif juga sangat baik untuk membuat organ tubuh kembali bekerja dengan baik.

Manfaat dari FIFORLIF :
  1. Melancarkan buang air besar dan mengeluarkan racun sisa kotoran lama (karsinogen) yang menempel di dinding usus besar
  2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan
  3. Menurunkan kadar kolesterol sehingga menurunkan resiko penyakit jantung
  4. Membantu menurunkan berat badan
  5. Merampingkan perut
Kandungan yang terdapat dalam FIFORLIF adalah ekstrak dari berbagai macam buah dan sayuran yang sangat beragam sehingga sangat membantu buat orang yang susah makan buah dan sayuran. Berikut ini kandungan dari Fiforlif :
Psyllium Husk, Soluber, Prebiotik, Ekstrak Goji Berry, Ekstrak dari campuran buah dan sayuran yang beragam (jeruk pontianak, apel, pisang, mangga, stroberry, tomat, pepaya, brokoli, wortel, bayam, kubis, lemon), Fruktosa, Probiotik, Enzim (Amylase, Protease, Lipase, Cellulose, Lactase, Pectinase phosphate, Ribonuclease), Premix vitamin (A, B1, B2, Niasin, Asam Pantothenic, B6, B12, C, D3, E) dan Mineral, Lecithin, Buah Bit Merah.

Untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi website resmi yang menjual produk FIFORLIF ini di www.agenfiforlif.info.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi susah buang air besar.

0 comments:

Post a Comment