Seledri Kuatkan Akar Rambut

Seledri sangat mudah diperoleh. banyak tersedia di pasar tradisional maupun supermarket. Di warung makan atau restoran, seledri kerap menjadi pelengkap makanan yang disajikan. Seledri tak hanya enak disantap. Dasun hijau segarnya bisa menjadi solusi untuk mengatasi kerontokan rambut.

Ahli Fitokimia fakultas farmasi UMI, Ahmad Najib, S.si M.Farm Apt memaparkan, ada 2 faktor yang menpengaruhi terjadinya kerontokan rambut. Yakni, faktor genetik dan pengaruh lingkungan. Nah, seledri daspat membantu mengatasi rambut rontok yang terjadi karena kepala terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

Seledri termasuk jenis sayuran yang berfungsi memperkuat akar rambut. Ada banyak kandungan penting yang dimiliki oleh seledri," papar pria yang menjabat sebagai kepala laboratorium farmasi UMI ini.

Tanaman yang memiliki nama latin Apium Graveolens ini berbentuk rumput. Kandungan yang dimilikinya antara lain, apigenin yang berfungsi sebagai anti hipertensi. Apigenin mengandung kolagen yang tinggi.

Apigenin bagus untuk tubuh, dasn tidak memiliki efek samping berbahaya." kata dosen kehiran watampone, 8 jili 1976 silam ini. Ahmad menjelaskan cara penggunaan seledri untuk mengatasi kerontokan rambut. Ambil segenggam daun seledri yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, rendam seledri dalam air hangat selama 15 menit.

Setelah direndam, seledri bisa, digosokkan pada kulit kepala dengan cara memijat lembut. Pijatan bisa dilakukan selama 10-20 menit. Diamkan hingga tiga menit. Setelah itu, bilas kepala dengan air mengalir sampai bersih.

Ramuan ini bisa digunakan dua hingga tiga kali dalam sepekan. Paling bagus dilakukan sebelum tidur pada malam hari," ucap Ahmad. Untuk lebih memperindah rambut, Anmad meyarankan untuk menggunakan lidah buaya.

Dosen Fitokimia Fakultas Farmasi UMI, Aktsar Roskiana Ahmad, S.Farm, M.Farm Apt mengatakan, lidah buaya sangat baik untuk menjaga kelembapan dan menjadikan rambut makin lembut. Kandungan aloin dalam lidah buaya juga bisa mengatasi kerontokan rambut," ujar Roskiana.

Caranya, daging lidah buaya dioleskan pada kulit kepala sambil dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat lembut selama 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Bisa 3 kali dalam sepekan menggunakan lidah buaya," Roskiana.

0 comments:

Post a Comment