ENDOSCOPY Saluran Cerna

Endoscopy adalah suatu pemeriksaan dengan menggunakan alat seukuran tebal jari telunjuk yang sangat lentur untuk melihat kelainan-kelainan pada saluran cerna atas (mulut, esofagus, lambung, usus halus/ 12 jari) dan saluran cerna bawah (anus, colon, dan usus besar) secara langsung.
Dengan alat ini juga dapat dilakukan tindakan langsung seperti pengambilan jaringan (Biopsi) pada bagian yang sakit (seperti tumor, polip atau kelainan yang dicurigai) sehingga pengobatan dapat lebih cepat dan tertarget pada masalah penyakit yang dihadapi pasien.

Hasil pemeriksaan bisa berupa dokumentasi berupa foto atau VCD sehingga lebih akurat dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Indikasi keluhan pemeriksaan Endoscopy dapat dibagi menjadi yaitu :
  1. Saluran Cerna Atas / Esophagogastro Doudenoscopy
  2. Saluran Cerna Bawah / Colonoscopy

SALURAN CERNA ATAS / ESOPHAGOGASTRO DOUDENOSCOPY


  • Pucat (Anemia)
  • Rasa Kembung, mual, nyeri ulu hati, sencawa (dyspepsia) yang berkepanjangan
  • Muntah-muntah tanpa sebab yang terus menerus
  • Kesulitan menelan
  • Muntah darah atau bunag air besar kehitaman
  • Tertelan benda asing
  • Dugaan adanya tumor di saluran cerna atas dari hasil pemeriksaan X Ray

Apa yang dilakukan selama pemeriksaan Esophagogastro duodenoscopy


Tenggorokan akan disemprot dengan suatu bius lokal dan menerima obat melalui urat darah halus/vena untuk membantu lebih santai selama dilakukan pemeriksaan. Anda akan dibaringkan kesamping pada kondisi nyaman ketika Endoscope di masukkan dengan hati-hati melalui mulut.

Setelah tindakan/ prosedur Upper Endoscopy anda diharuskan istirahat sekurang-kurangnya15-30 menit dan boleh melakukan diet normal lagi setelah 1 jam. Jika anda diberi obat penenang, anda harus ditemani oleh keluarga atau teman yang bisa bertanggung jawab dan dilarang mengemudi/ menoperasikan mesin/ minuman alkohol selama 24 jam. Ketidaknyamanan pada tenggorokan selama 1 atau 3 hari.

SALURAN CERNA BAWAH / COLONOSCOPY


  • Diare yang berlangsung lebih dari 2 minggu.
  • Keluar darah dari lubang anus/ dubur
  • Memastikan kelainan yang ditemukan pada pemeriksaan X-Ray
  • Nyeri atau ketidaknyamanan perut terus menerus disertai perubahan pada buang air besar

Apa yang dilakukan selama pemeriksaan Colonoscopy?


Pada tindakan colonoscopy dibutuhkan kesabaran pasien, sering muncul perasaan tekanan, perut kembung karena gas atau kram sewaktu-waktu selama dilakukan tindakan. Dokter akan memberikan obat melalui urat darah halus/ vena untuk membantu anda menjadi santai. Anda berbaring ke samping atau ke depan (terlentang) di saat Colonoscope dimasukkan naik melalui usus besar. Tindakan tersebut biasanya berlangsung sekitar 15-45 menit.

Setelah tindakan / Prosedur Colonoscopy anda perlu istrirahat selama 1-2 jam karena ke kembungan udara yang masuk sewaktu prosedur tindakan dilakukan akan menjadi lebih nyaman setelah anda keluarkan. Jika obat penenang digunakan, anda sebaiknya ditemani oleh keluarga atau teman yang bisa bertanggung jawab dan anda dilarang mengemudi / mengoperasikan mesin, minum alkohol selama 24 jam.

Dokter yang menangani akan memberitahukan kepada anda setelah pemeriksaan dilakukan tentang apa yang terlihat dibagian usus besar anda. Jiki dibutuhkan biopsi, hasil akan selesai selama 3-5 hari kerja. Hasil tersebut akan dikirim ke dokter yang merujuk/ mengirimkan.

Walaupun Colonoscopy adalah suatu prosedur yang sederhana. Anda harus mendiskusikan faktor-faktor komplikasi, resiko dan efek yang ditimbulkan setelah melakukan pemeriksaan ini kepada dokter anda atau menghubungi bagian endoscopy Rumah Sakit tempat anda periksa.

PERSIAPAN SEBELUM MELAKUKAN ENDOSCOPY
  1. Beritahu dokter atau perawat jika anda memiliki kondisi medis seperti; Diabetes (Kencing Manis), Hepertensi, sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau mengalami alergi.
  2. Puasa, tidak boleh makan dan minum selama 6-8 jam sebelum dilakukan tindakan.
  3. Diet rendah residu, ditambah dengan obat pencahar untuk membersihkan usus besar pada pemeriksaan colonoscopy agar dinding usus bagian dalam terlihat jelas.
  4. Pastikan ada persetujuan tertulis dari anda.
  5. melepaskan gigi palsu, kacamata, perhiasan dan benda-benda yang berlogam.
  6. Sebaiknya ditemani oleh keluarga jika obat penenang digunakan pada tindakan tersebut.
Demikian info kesehatan mengenai Endoscopy Saluran Cerna, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment