Frekuensi Dan Irama Jantung

Dengan meraba denyut  nadi arteri, Anda dapat menghitung frekuensi detak jantung dan menentukan iramanya, menilai amplitudo dan kontur gelombang denyut nadi tersebut, dan terkadang mendeteksi obstruksi aliran darah.

Frekuensi Jantung (Heart  Rate), umumnya digunakan denyut nadi (pulsus) radialis untuk menentukan frekuensi jantung. Dengan permukaan venteral jari telunjuk dan jari tengah tangan anda, tekan arteri radialis sampai terasa pulsasi yang maksimal. Jika iramanya teratur dan frekuensinya terasa normal, hitung frekuensi denyut arteri radialis selam 15 detik dan kemudian kalikan perhitungan ini dengan 4. namun, jika kecepatannya sangat tinggi atau rendah yang abnormal, hitung frekuensi denyut nadi arteri tersebut selama 60 detik.

Jika iramanya tidak teratur (ireguler), hasil pengukuran frekuensi denyut nadi radialis ini harus dievaluasi dengan auskultasi jantung, karena denyut yang timbul lebih awal daripada denyut berikutnya mungkin tidak terdeteksi secara perifer dan dengan demikian akan terjadi frekuen
si detak jantung serius yang disepelekan.

Irama, Untuk memulai pemeriksaan irama jantung, raba denyut nadi radialis. Jika terdapat ketidakteraturan atau iregularitas, periksalah irama tersebut sekali lagi dengan menggunakan stetoskop anda pada daerah apekskordis. apakah iramanya teratur atau tidak? Jika tidak teratur, cobalah untuk mengenali polanya :

  1. Apakah detak awal terdengar pada irama dasar yang teratur?
  2. Apakah ketidakteraturan itu bervariasi secara konsisten dengan respirasi?
  3. Apakah iramanya sama sekali tidak teratur?
Perhatikan frekuensi pernapasan (respiratory rate), irama, dalamnya pernapasan dan upaya bernapas. Hitung jumlah respirasi selama satu menit dengan inspeksi visual atau dengan mendengarkan bunyi pernapasan pada trakea pasien dengan stetoskop ketika anda memeriksa bagian kepala dan leher atau bagian dada. Normalnya, orang dewasa akan menarik napas sebanyak 14-20 kali permenit dengan pola reguler tanpa mengeluarkan suara. Tarikan napas dalam (menghela napas) yang terkadang terjadi merupakan keadaan normal. Lakukan pengecekan untuk melihat apakah eksparasi memanjang.

0 comments:

Post a Comment