Manfaat dan Kegunaan Zat Besi

Zat Besi/ Iron (Fe) adalah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Zat besi sangat dibutuhkan tubuh dalam perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Dalam menjalankan Fungsinya, Zat Besi membutuhkan kalsium dan tembaga dalam jumlah yang cukup untuk melaksanakan fungsinya dengan baik. Selain itu Vitamin C membantu tubuh untuk meningkatkan penyerapannya.

Untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh, zat besi harus menyatu dengan protein untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah myoglobin di dalam serabut otot. Pada saat zat besi dan protein bergabung, didalam sel zat besi membentuk enzym yang berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel.

Kadar zat besi antara laki-laki dan perempuan dewasa berbeda. Laki-laki dewasa dengan berat badan 75 kg mengandung kurang lebih 4000 mg zat besi, dibandingkan dengan wanita dewasa dengan berat badan 55 kg hanya mengandung kurang lebih 2100 mg zat besi. Oleh karena itu kekurangan darah (anemia) lebih banyak dialami oleh wanita daripada laki-laki, ini disebabkan karena laki-laki memiliki cadangan  zat besi di dalam limpa dan sumsum tulangnya sedangkan wanita hanya memiliki cadangan zat besi 300 mg sehingga rentan dengan anemia.

Tubuh manusia membutuhkan zat besi berdasarkan jenis kelamin dan usia, kebutuhan tubuh tidak sama, kerena kecukupan zat besi setiap jenjang usia berbeda-beda. Berikut daftar kebutuhan zat besi berdasarkan jenis kelamin dan usia :

 JENIS KELAMIN
 UMUR
 ZAT BESI
Anak-Anak (Laki-laki & Wanita)
2-6 tahun 
 4,7 mg/ hari
Anak-Anak (Laki-laki & Wanita)
6-12 tahun 
 7,8 mg/ hari
Laki-Laki
12-16 tahun 
12,1 mg/ hari 
Wanita
12-16 tahun 
21,4 mg/ hari 
 Laki-Laki Dewasa

8,5 mg/ hari 
 Wanita Dewasa Usia Subur

18,9 mg/ hari 
Wanita Menopause 

6,7 mg/ hari 
Wanita Menyusui 

8,7 mg/ hari 



Angka kecukupan ini dihitung berdasarkan ketersediaan hayati (bioavailability) sebesar 15%

Sumber Zat BESI

Makanan adalah sumber terbaik untuk mendapatkan zat besi. Makanan seperti daging, kacang-kacangan, ikan, sereal, roti , biji-bijian, sayuran berdaun hijau, buah-buahan kering, bayam, lobak, kubis dan banyak lagi dapat menjadi sumber zat besi untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Berikut daftar makanan yang mengandung Zat BESI yang menjadi tuntunan untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh :

 JENIS MAKANAN
 ZAT BESI
Bayam (1 Cangkir) 
6,43 mg
 Nasi Putih (1 Cangkir)
7,97 mg 
 Lentil (1 Cangkir)
6,59 mg 
Daging Sapi (85 gram) 
5,24 mg 
Kacang Merah (1 Cangkir) 
5,2 mg
Tiram (80 gram) 
5,91 mg 
Tomat  (1 Cangkir) 
3,39 mg 
Kacang Chickpea/ Garbanzi (1 Cangkir) 
4,74 mg 
Kentang (1 Umbi Kentang Kecil) 
2,7 mg 
 Ikan (100 mg)
3,8 mg 

Manfaat dan Kegunaan Zat Besi

1. Pembentukan Sel Darah Merah :
Zat besi sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah (Hemoglobin), sel darah merah berfungsi sebagai pendistribusi oksigen keseluruh tubuh. ini merupakan manfaat dan kegunaan yang paling penting dari zat besi dalam proses pembentukan hemoglobin.

2.  Pembentukan dan Fungsi Otot
Mengkonsumsi zat besi sangat bermanfaat untuk pembentukan dan fungsi otot. Hal ini ditemukan di dalam mioglobin (protein otot, yang membawa oksigen dari hemoglobin dan mengeluarkan dari seluruh sel-sel otot, dan juga diperlukan untuk kontraksi otot.

3. Bermanfaat Untuk Otak
Distribusi darah yang mengangkut oksigen hampir 20% digunakan untuk otak, sehingga jika terjadi gangguan pada pembentukan sel darah merah maka fungsi otak tidak dapat bekerja maksimal yang berakibat seluruh tubuh tidak dapat berfungsi normal.

4. Anemia
Jika terjadi kekurangan zat besi maka masalah yang paling umum terjadi adalah anemia. Zat besi membantu mencegah anemia. Penyakit ini sering didapati pada ibu hamil atau penyakit kronis seperti anemia gagal ginjal dan anemia predialysis.

Tapi konsumsi zat besi untuk kesehatan harus sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh, jika berlebihan juga dapat mendatangkan masalah seperti impotensi pada pria, kecemasan, cardiomyopathy dan lain-lain. Untuk itu perlu kiranya mengkonsumsi zat besi sesuai dengan takaran kebutuhan tubuh kita.

0 comments:

Post a Comment